Laman

Kamis, 12 Maret 2009

MUSRENBANG



MUSRENBANG

( Musyawarah Perencanaan Pembangunan )

Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kab. Kebumen turut menjadi peserta MUSRENBANG Pemerintah Kabupaten Kebumen yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan ( BAPPEDA ). Dari PDA Kebumen yang hadir ketuanya Ibu Dra. Koen Farichah, M.Ag ( Saya juga mengikuti tapi mewakili KPPI / Koalisi Perempuan Politik Indonesia Kab. Kebumen, mewakili Bu Srihadi / ketuanya yang sedang ada acara Safari Sosialisasi PEMILU di beberapa Kecamatan ). Acara tersebut berlangsung selama dua hari ( Tgl 11-12 Maret 2009 ). Peserta MUSRENBANG ini diikuti oleh : Pejabat Propinsi Jawa Tengah ( Ibu Farida ), Bakorwil II, Muspida Plus, DPRD Kabupaten Kebumen, Sekretaris Daerah dan Asisten Sekda Kebumen, Kepala Badan/Dinas/Kantor/Bagian, Kepala Bappeda Kab. Purworejo, Banyumas, Banjarnegara dan Cilacap, Delegasi dari Musrenbang Kecamatan, Delegasi Forum SKPD Kab. Kebumen, Pimpinan Lembaga/Satuan Kerja lainnya serta Organisasi Masyarakat/LSM/Perguruan Tinggi.

Tapi mengapa ya, para anggota Dewan yang konon 45 orang diundang yang hadir tidak ada separonya ???? Bahkan yang mengikuti acara sampai selesai pada hari pertama dari anggota Dewan hanya satu orang yaitu Bpk. Miftah , walaupun sudah disampaikan oleh beliau yang lainnya tidak bisa tuntas mengikuti karena ada kepentingan lain apakah semuanya ya??? Sungguh ironis, atau acara ini dianggap tidak cukup penting ???

Di hari pertama Musrenbang ada pemaparan dari Kepala Bappeda Kebumen ( bp. Arif ) kemudian dilanjutkan dari Dinas Perindagkop ( Bpk. Fatoni ), Dinas Kesehatan ( Bpk. Budi Satriyo ) dan dari DPU ( Bpk. Pratomo, MT ) yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi / tanggapan. Hari pertama selesai tepat pukul 15.00 WIB. Hanya saja mengapa ya setiap kali acara selalu saja molor mulainya, hmmm persoalan klasik ??? Jam di Indonesia terbuat dari karetkah ????


Memasuki hari kedua, adalah masuk sesi persidangan yang terbagi menjadi tiga kelompok :

- Kel. A Bidang Ekonomi

- Kel. B Bidang Pemerintahan, Sosial dan Budaya

- Kel. C Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah

-

PDA Kebumen masuk pada kelompok B dan saya karena mewakili KPPI dan merupakan delegasi dari Forum Dinas Inforkomtel maka berada pada kelompok C, pisah deh dengan bu Koen sang ketua PDA Kebumen. Lagi-lagi enam kursi yang disediakan untuk anggota Dewan kosong melompong sehingga menjadi bahan candaan ketika salah satu peserta yang jadi caleg diusulkan untuk duduk di kursi dewan tersebut sehingga suasana jadi meriah. Namun setengah jam kemudian salah seorang anggota Dewan Bpk Miftah hadir dan sekonyong-konyong memberi tanggapan panjang lebar, jadi agak melenceng dari kesepakatan sidang he he. Di kelompok C diskusi sangat seru karena beberapa Camat maupun Kepala Desa banyak memberikan masukan, usulan maupun kritikan. Sayang saya tidak bisa menyampaikan suasana di kelompok lainnya ya…untuk mengambil fotopun dengan sungkan karena bukan wartawan sih…

Acara ditutup dengan Perumusan dan Kesimpulan, dan pada sambutan penutupan Bupati Kebumen mewakilkan pada Asisten II Bpk. Muji Raharjo, SH.

Sayonaraa…


> > By Sekretaris II PDA Kebumen

Tidak ada komentar: