Laman

Senin, 12 Januari 2009

Struktur Organisasi 'Aisyiyah

Struktur Pimpinan 'Aisyiyah terdiri atas :

1. Pimpinan Pusat 'Aisyiyah adalah pimpinan tertinggi yang memimpin organisasi tingkat nasional.
2. Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah adalah pimpinan organisasi tertinggi dalam wilayah tingkat propinsi
3. Pimpinan Daerah 'Aisyiyah adalah pimpinan organisasi tertinggi dalam wilayah tingkat kabupaten / kota.
4. Pimpinan Cabang 'Aisyiyah adalah pimpinan tertinggi dalam wilayah tingkat kecamatan
5. Pimpinan Ranting 'Aisyiyah adalah pimpinan organisasi tertinggi dalam wilayah tingkat kelurahan atau desa.

Sekarang ini Pimpinan Daerah Kebumen membawahi 13 Pimpinan Cabang,........... Pimpinan Ranting.
Permusyawaratan organisasi tertinggi di tingkat daerah adalah Musyda, yakni kongres anggota yang diselenggarakan lima tahun sekali, pasca pelaksanaan Musywil. Musyda akan memilih kepemimpinan yang baru serta menetapkan program-program 'Aisyiyah untuk lima tahun ke depan.
Selanjutnya setiap cabang, maupun ranting juga menyelenggarakan musyawarah tersendiri, sebagai sarana konsolidasi organisasi dan menindaklanjuti hasil-hasil keputusan musyda sekaligus penetapan program-program 'Aisyiyah untuk wilayah kerja masing-masing


Jaringan Struktural

‘Aisyiyah bukan hanya sekedar nama besar sebagai salah satu organisasi masyarakat terbesar di Indonesia. ’Aisyiyah memiliki jaringan struktural yang cukup kuat dan luas di wilayah negeri ini khususnya di Daerah Kabupaten, yang sangat menunjang gerak dakwah Islamiah yang dilakukannya. Jaringan Struktural ‘Aisyiyah, tersebar dan berjenjang dalam beberapa level yang mempunyai kewenangan dan wilayah kerja masing-masing.
Jaringan yang tersebar diseluruh daerah Kabupaten ini merupakan potensi yang sangat besar untuk membangun ummat dan bangsa ini menuju masyarakat utama dalam bentuk sinergi dan jaringan yang kuat dibeberapa bidang. Jaringan struktural tersebut merupakan kontribusi ’Aisyiyah yang sangat besar dalam mengakomodasikan warga Jawa Tengah ini dalam menyalurkan beberapa aspirasi yang dimilikinya.
Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Kebumen, merupakan jenjang struktural ‘Aisyiyah setingkat Kabupaten / Kota. Pimpinan Daerah mempunyai fungsi koordinatif bagi seluruh Pimpinan ‘Aisyiyah yang ada di wilayah Kabupaten / Kota Kebumen. Sekaligus juga mengkoordinasikan gerakan dakwah Islamiyah di seluruh daerah, melalui berbagai bentuk aktivitas dakwah, seperti aktivitas keagamaan, pendidikan, kesejahteran, sosial, kesehatan dan sebagainya.

Tidak ada komentar: