Loading...

Laman

Selasa, 28 April 2009

SOSIALISASI PAMSIMAS


Pemerintah Kab. Kebumen mengadakan Sosialisasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Bebasis Masyarakat ( PAMSIMAS ), yang diselenggarakan pada hari Sabtu 25 April 2009 di Gedung PKK Kab. Kebumen, Jl. HM. Sarbini.
Pagi sekitar jam 07.30 WIB saya mendapat berita dari Ibu Koen Farichah ( Ketua PDA Kebumen ), untuk mewakili PDA Kebumen menghadiri undangan Sosialisasi tersebut.. karena beliau ada jam mengajar.
Saya menghubungi Ibu Srihadi selaku ketua MKLH PDA Kebumen, karena pada waktu bersaman kami berdua akan menuju RS. PKU. Sruweng Kebumen bersama TIM PK2PA ( Penanganan Korban Kekerasan Terhadap Perempuan & Anak ) Kab. Kebumen, Dinas BPKB ( Pemberdayaan Perempuan & Keluarga Berencana ) Kabupaten Kebumen. Dinas Nakertranssos Kabupaten Kebumen serat LBH.
Alhamdulillah Ketika Ibu Srihadi sampai di tempat saya memberitahu bahwa mendapat kabar dari Ibu Wahyu ( dari Tim PK2PA ) memberi khabar bahwa kedatangannya diundur setelah Dhuhur karena harus rapat terlebih dahulu, jadi kami berdua bisa punya waktu untuk hadir di acara sosialisasi ini.
Kami memang terlampbat datang di acara sosialisasi karena terbentur tehnis tersebut Adapun latar belakang PAMSIMAS ini adalah :

1. Sebagai sektor pelayanan publik ,air minum dan sanitasi memiliki kaitan yang erat dengan pengentasan kemiskinan.
2. Kondisi Sarpras & sanitasi yang tidak memadai pada saat ini khususnya di pedesaan dan daerah pinggiran kota telah berdampak buruk pada kondisi kesehatan dan lingkungan yang memiliki dampak tingkat lanjutan terhadap tingkat perekonomian keluarga khususnya bagi masyarakat miskin.

Dengan latar belakang tersebut program PAMSIMAS ini bertujuan :

1. Meningkatkan akses pelayanan air minum dan sanitasi bagi masyrakat miskin pedesaan dan peri urban.
2. Menciptakan PHBS ( Perilaku Hidup Bersih & Sehat ) melalui promosi kesehatan lingkungan dan penyediaan sarpras air minum agar mampu diadaptasi oleh PEMDA dan Masyrakat menuju terciptanya target MDGs 2015.

Sasaran Program ini meliputi 110 Kabupaten / Kota dengan target 5000 desa dan 1000 desa replikasi masing-masing kabupaten / kota ada 36 desa dalam waktu 3 tahun.
Untuk Kab. Kebumen dilaksanakan di 36 desa, yang pada tahun pertama di 9 desa, tahun ke-2 : 15 desa dan tahun ke-3 : 12 desa.

Sasaran Progaram meliputi Tahun kedua ini adalah 15 desa :

1. Logadu Kec. Karanggayam.
2. Pagebangan Kec. Karanggayam
3. Sidototo Kec. Padureso
4. Kalibeji Kec. sempor
5. Pohkumbang Kec. Karanganyar
6. Giripurno Kec. Karanganyar
7. Lerep Kebumen Kec. Poncowarno
8. Karangpoh Kec. Pejagoan
9. Sadang Wetan Kec. Sadang
10. Cangkring Kec. Sadang
11. Tlepok Kec. Karangsambung
12. Tlogorejo Kec. Bonorowo
13. Sikayu Kec. Buayan
14. Wangirpandan Kec. Rowokele
15. Krakal Kec. Alian

Tim Fasilitaor terdiri atas 10 orang dengan pembagian tugas yang sudah terjadwal.
Narasumber sosialsasi adalah dari Badan Dinas Perencanaan Pembangunan Daerah ( Bpk. Arif ), Dinas Pekerjaan Umum ( Bpk. Ir. Suhartomo, ST ), Dinas Kesehatan ( Bpk. Kusbiantoro, M. Kes ), Bapermades.
Koordinator Tim Fasilitator juga menyampaikan pemaparan mengenai tugas dan tanggung jawabnya, sekaligus memperkenalkan anggota Timnya.
Ketika acara belum selesai kami dengan terpaksa mendahului pulang karena harus segera ke PKU Muhammadiyah Sruweng untuk menjenguk TKW Singapura korban kekerasan yang urgent untuk segera dibantu.

By : Sekretaris II PDA Kebumen

Tidak ada komentar: